Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Singkat Perjuangan Kaum Muhajirin

Kisah Singkat Perjuangan Kaum Muhajirin. Orang Islam yang ikut hijrah ke Madinah disebut kaum Muhajirin. Arti dari Muhajirin adalah orang yang hijrah. Kaum Muhajirin adalah pengikut Nabi Muhammad saw. mereka selalu mendapat siksaan dari orang kafir Quraisy karena keislamannya.

Kisah Singkat Perjuangan Kaum Muhajirin

Orang kafir Quraisy semakin berani dan kejam.  Mereka menghina dan menganiaya kaum Muslimin Mekah. Kondisi kaum Muslimin makin memprihatinkan. Rasulullah saw. memutuskan untuk menyelamatkan agama dan pengikutnya. Beliau mengajak hijrah ke daerah yang penduduknya tidak seperti di Mekah.

Orang-orang kafir Quraisy merasa usahanya tidak berhasil. Terutama dalam membujuk Abu Talib. Mereka melancarkan berbagai ancaman, gangguan, dan hinaan kepada Nabi Muhammad saw. Penyiksaan-penyiksaan ditimpakan pada pengikut Nabi Muhammad saw.

Kaum Muslimin hijrah karena paman Nabi Muhammad saw. meninggal. Abu Talib adalah orang yang selama ini melindungi kaum Muslimin. Orang kafir Quraisy merasa lebih leluasa menghalangi dakwah Rasulullah saw.. Mereka tidak hanya menganiaya tetapi sampai membunuh pengikut-pengikut Rasulullah saw.

Nabi tidak tahan melihat penyiksaan yang menimpa umatnya. Beliau memerintahkan pengikutnya untuk hijrah ke Habsyah. Rombongan pertama terdiri dari 10 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Rombongan kedua mencapai 100 orang. Antara lain: Usman bin Affan beserta Rukayah, Zubair bin Awwam, Abdurrahman bin Auf, Ja’far bin Abi Talib, dan yang lainnya. Peristiwa ini terjadi pada tahun ke-5 kenabian.

Orang yang tetap tinggal di Mekah. Mereka berkeyakinan pertolongan Allah pasti datang. Pengikut Rasulullah saw. semakin banyak. Bertambahnya pengikut Rasulullah bukan karena terpaksa.

Kaum Muslimin berhijrah bukan mencari keduniaan. Akan tetapi, untuk menyelamatkan dinul Islam (berjuang di jalan Allah swt.). Meninggalkan kampung halaman menjadi sesuatu yang sangat berat. Apalagi perpindahan itu bukan untuk memperoleh kekayaan, kedudukan, atau hal-hal yang sifatnya duniawi. Namun, kaum Muhajirin hijrah dengan ikhlas  demi mempertahankan agama. Perintah Allah swt. dan rasul-Nya dilaksanakan demi mencari rida Allah.

Nabi Muhammad ketika hijrah ditemani sahabatnya,  Abu Bakar As Siddiq. Nabi Muhammad saw. menyiarkan Islam di Mekah selama 13 tahun.

Posting Komentar untuk "Kisah Singkat Perjuangan Kaum Muhajirin"