Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hikmah Melaksanakan Puasa Ramadhan

Hikmah Melaksanakan Puasa Ramadhan

Hikmah Melaksanakan Puasa Ramadhan. Puasa diperintahkan oleh Allah swt. dalam Al-Qur’an (Surah al-Baqarah (2): 183) memiliki tujuan yang mulia, yaitu mengantarkan seorang mukmin kepada derajat ketakwaan kepada Allah swt.. Selain itu, dalam sebuah hadis qudsi disebutkan bahwa puasa itu hanya untuk-Nya dan Allah swt. sendiri yang akan memberikan balasannya (pahalanya). Dengan demikian, tentunya orang yang melaksanakan ibadah puasa akan memperoleh banyak hikmah atau manfaat dari menjalankan ibadah puasa. Sebab, tidak mungkin Allah swt. memerintahkan suatu ibadah tanpa suatu hikmah. Di antara hikmah puasa bagi orang yang menjalankannya adalah:

  1. Puasa dapat melatih seorang mukmin untuk mengendalikan nafsunya dan menahan keinginan-keinginan untuk melakukan perbuatan yang dilarang dan pelanggaran (maksiat).
  2. Puasa dapat memupuk dan melatih rasa kepedulian serta perhatian terhadap sesama.
  3. Puasa dapat melatih sifat sabar dan menahan derita.
  4. Puasa dapat melatih seorang mukmin untuk selalu memelihara amanah. Sebab, puasa merupakan amanah dari Allah swt..
  5. Puasa dapat melatih seorang muslim untuk tabah dalam menghadapi cobaan dan godaan.
  6. Puasa dapat melatih seorang muslim untuk bersikap jujur dan disiplin.


Rasulullah saw. bersabda: “. . . Bagi orang yang berpuasa akan memperoleh dua kesenangan, yaitu kesenangan di kala berbuka dan kesenangan di kala berhadapan (bertemu) dengan Allah. Benar-benar bau busuk orang yang berpuasa itu lebih wangi di sisi Allah daripada bau harum minyak kasturi.” (H.R. Muslim)

Posting Komentar untuk "Hikmah Melaksanakan Puasa Ramadhan"