Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Yang Termasuk Rukun Puasa Ramdhan ?

Apa Saja Yang Termasuk Rukun Puasa Ramdhan ?. Rukun puasa adalah sesuatu yang harus terpenuhi untuk sahnya puasa pada saat pelaksanaan puasa. Seperti halnya syarat puasa, rukun puasa jika ditinggalkan akan membatalkan puasa.

Rukun puasa hanya ada 2 macam, yaitu:

Niat, yaitu menyengaja melakukan puasa. Niat untuk puasa Ramadan harus dilaksanakan pada malam hari sebelum terbit fajar. Niat dilakukan di dalam hati, misalnya; “Saya niat puasa Ramadan besok”. Niat pun boleh diucapkan dengan lisan. Suatu perbuatan akan berarti di sisi Allah swt. apabila dilakukan dengan kesadaran hati atau alat yang benar. Niat yang benar menurut Islam adalah mencari rida Allah swt. atau menaati perintah-Nya. Janganlah kalian berniat puasa hanya karena takut dimarahi oleh orang tua kalian. Rasulullah saw. bersabda:

Apa Saja Yang Termasuk Rukun Puasa Ramdhan ?

Artinya:“Dari Hafsah r.a. berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Barang siapa yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum terbit fajar, maka tidak sah puasanya.” (H.R. Abu Dawud, at-Tirmizi, dan an-Nasa’i dalam Sunan Abu Dawud No. 2.098, Sunan At-Tirmizi No. 662, dan Sunan An-Nasa’i No. 2.291 - 2.292).

Menahan diri dari segala yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari (Magrib). Ketika puasa juga harus dapat menahan diri dari nafsu dan perbuatan yang dapat merusakkan puasa dan kesucian bulan Ramadan.

Posting Komentar untuk "Apa Saja Yang Termasuk Rukun Puasa Ramdhan ?"