Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Isi Kandungan Surat Al-Ma'un

isi kandungan surat al maun

Isi Kandungan Surat Al-Ma'un. Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali menyaksikan orangorang yang berlimpah harta rajin mengerjakan salat. Bahkan, banyak di antara mereka yang telah melaksanakan ibadah haji lebih dari satu kali. Namun, di sisi yang lain mereka sangat pelit dan kikir ketika diminta bantuan untuk menolong orang miskin dan terkadang membentak-bentak anakyatim yang datang ke rumahnya. Hal itu telah dinyatakan dalam Surah Al-Ma‘un bahwasannya orang seperti itu akan celaka. Coba, baca dan pahami Surah Al-Ma‘un berikut ini dengan baik dan benar.

Surah al-Ma‘un menjelaskan tentang golongan (orang-orang) yang mendustakan agama (Islam). Mereka mengaku sebagai seorang muslim (pemeluk agama Islam), tetapi sering melanggar aturan-aturan atau syariat Islam. Orang-orang atau golongan pendusta agama tersebut, antara lain:

a. Menghardik anak yatim.
b. Tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.
c. Lalai terhadap kewajiban salat.
d. Enggan atau tidak mau tolong-menolong.

Jumlah ayat surat Al-Maun. Surah al-Ma‘un terdiri atas 7 ayat. Surah al-Ma‘un termasuk golongan surah Makiyah, yaitu surah yang diturunkan di Mekah atau sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah. Kata “al-Ma‘un” diambil dari ayat yang terakhir yang artinya “bantuan.”

Posting Komentar untuk "Isi Kandungan Surat Al-Ma'un"