Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nama-nama Kitab Allah SWT. dan Rasul yang Menerimanya

Nama-nama Kitab Allah SWT. dan Rasul yang Menerimanya. Kitab suci Allah swt. yang pertama adalah Taurat. Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa a.s. ketika berada di gunung Tursina. Taurat berasal dari bahasa Ibrani yang berarti syariat atau peraturan. Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa a.s. untuk membimbing umatnya ke jalan yang benar. Nabi Musa a.s. diutus kepada kaum bani Israil yang berada di Mesir. Terkait dengan kitab suci Taurat, Allah swt. berfirman dalam Q.S. al-Furqan (25): 35 dan al-Ma’idah (5): 44.
dalil bunyi ayat kitab taurot diturukan kepada nabi musa


Kitab suci Allah swt. yang kedua diturunkan kepada Nabi Dawud a.s. Kitab tersebut dinamakan kitab Zabur. Kata Zabur berarti kitab. Kitab Zabur berisi kumpulan dari Mazmur, yaitu nyanyian-nyanyian yang berisi puji–pujian dan doa–doa serta munajat kepada Tuhan. Diturunkannya kitab Zabur telah dijelaskan di dalam Q.S. al-Isra’ (17) ayat 55.
bunyi dalil kitab zabur diturunkan kepada nabi daud

Kitab suci Alloh Swt yang ke tiga adalah Injil. Kitab Injil merupakan kitab suci Allah swt. yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s.. Kata Injil berasal dari bahasa Yunani yang berarti kabar selamat. Dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa Injil diturunkan kepada Nabi Isa, putra Maryam. Allah swt. berfirman:
bunyi dalil kita injil diturunkan kepada nabi isa as

Kitab suci yang terakhir diturunkan oleh Allah swt. ke bumi adalah Al-Qur’an. Kitab tersebut diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. yang sekaligus menjadi Rasul yang terakhir. Al-Qur’an berisi petunjuk-petunjuk yang benar dalam beribadah kepada Allah swt.. Di sisi yang lain, Al-Qur’an juga menganjurkan untuk saling menghormati agama yang lain. Sebagai contoh, Al-Qur’an telah menyatakan bahwa agama yang benar di sisi Allah swt. adalah Islam. Namun, di sisi yang lain, Al-Qur’an juga mengajarkan untuk bersikap toleransi dengan  umat agama lain sebagaimana tercantum di dalam Surah Al-Kafirun [109] ayat 6. Oleh sebab itu, Al-Qur’an merupakan kitab suci yang membawa kebenaran untuk mengadili di antara umat manusia. Allah swt. berfirman:

bunyi dalil kitab alquran diturunkan kepada nabi muhammad saw

Demikian tentang penjelasan singkat Nama-nama Kitab Allah SWT. dan Rasul yang Menerimanya, semoga bermanfaat. Salam.

Posting Komentar untuk "Nama-nama Kitab Allah SWT. dan Rasul yang Menerimanya"