Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Isi Kandungan Surat Al-Fill

isi kandungan surat al fill

Kisah Yang Ada Di Surah Al-Fill. Surah Al-Fil menceritakan tentang peristiwa yang terjadi pada tahun kelahiran Nabi Muhammad saw.. Peristiwa pada tahun tersebut menjadikan tahun kelahiran Nabi Muhammad saw. disebut sebagai tahun Gajah. Peristiwa tersebut bermula ketika Raja Abrahah dari Yaman berniat menghancurkan Kakbah di Kota Mekah. Hal itu didorong oleh sifat iri dan dengki yang bersemayam di hati Raja Abrahah. Ia merasa iri terhadap Kakbah yang selalu dikunjungi oleh banyak orang. Padahal, ia juga memiliki bangunan gereja yang sangat megah, melebihi bangunan Kakbah. Akan tetapi, gereja tersebut tidak banyak dikunjungi orang sebagaimana yang terjadi pada Kakbah.

Raja Abrahah beserta bala tentaranya telah mendekati jantung Kota Mekah untuk menghancurkan Kakbah. Akan tetapi, belum sempat Raja Abrahah dan bala tentaranya merusak Kakbah, Allah swt. mengutus burun yang berbondong-bondong dan melempari mereka dengan batu-batu panas yang berasal dari neraka. Akhirnya, Raja Abrahah beserta bala tentaranya hancur lebur, seperti daun-daun yang dimakan ulat. Hal ini sebagaimana yang termaktub di dalam Surah Al-Fil.

Jumlah ayat surah Al-Fill. Surah al-Fil ada 5 ayat dan termasuk golongan surah Makiyah karena surah ini diturunkan sebelum Nabi Muhammad saw. melakukan hijrah ke Kota Madinah. Surah ini juga dapat dijadikan cerminan bagi umat manusia bahwa Baitullah (Kakbah) senantiasa dijaga oleh Allah swt. dari ulah tangan manusia yang ingin menghancurkannya.

Posting Komentar untuk "Isi Kandungan Surat Al-Fill"